Konfigurasi Ip Statik



A.Judul / Nama Kegiatan : Konfigurasi Ip Statik

B.Pendahuluan
   Assalammua'alaikum teman-teman.Kali ini saya akan memberikan Tutorial Konfigurasi Ip Statik kepada teman-teman semua.Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

   1.Pengertian   
Ip static adalah ip yang di konfigurasi secara manual dan tidak akan berubah ubah. ip statis biasa di pakai pada jaringan lokal, ip statis ini biasa di setting pada router agar supaya mudah di kenali dan mudah di ingat.
Kelebihan dari ip statis ini adalah kita dapat mengenali pelanggan dengan mudah dan mengenali pelanggan yang memunyai bandwith besar dan bandwith standar sedangkan kekurangannya adalah tabrakan ip.
  2.Latar Belakang
  Latar belakang saya dalam membuat tutorial ini adalah karena banyak dari kita yang susah dalam memahami Miktorik.Sehingga pada kali ini saya akan memberikan panduan kepada teman-teman semua.

  3.Maksud dan Tujuan
Tujuan saya dalam membuat tutorial ini adalah agar teman-teman semua dapat panduan lebih mudah dalam membuat Konfigurasi Ip Statik.

  4.Hasil yang Diharapkan
Saya berharap setelah membaca Tutorial ini teman-teman dapat lebih mudah dalam membuat Konfigurasi Ip Statik.

C.Alat dan Bahan
   1.PC/Laptop
   2.Mikrotik
   3.Kabel UTP
   4.USB untuk power/menghidupkan Mikrotik
   5.Jaringan

D.Jangka Waktu
Lebih kurang 15 menit dalam mengkonfigurasikannya

E.Pembahasan atau Langkah Kerja
1.Pertama buka dulu Winbox nya atau bisa download disini

2.Setelah itu kita buat Identitas dari Mikrotik kita dulu dengan cara klik system lalu pilih Identity.Buat namanya sesuka hati anda biar anda senang.Lalu Apply dan OK

3.Setelah itu kita beri penamaan pada Interface nya agar mudah dikenali.Klik pada TAB Interface.Lalu klik Interface yang akan kita beri nama dan klik comment (yang warna kuning)
 4.Setelah itu kita beri Ip Address pada Ether 1 untuk Internetnya dan Ether 2 untuk PC kita.Dengan cara Klik pada Tab IP dan pilih Adresses.Lalu untuk menambahkannya tinggal klik Add (yang tanda + warna biru)


 5.Setelah itu kita klik Tab Ip dan pilih menu Routes.Disini kita isi kita isi destination addressnya yaitu 0.0.0.0/0 karena ini mencakup semua Ip dan kita tambahkan Gateway nya 10.3.1.1(IP sumber internet kita).Lalu Apply dan OK.


6.Setelah itu kita setting DNS nya.Klik IP lalu pilih DNS.Disini kita isikan DNS nya sesuai dengan yang sudah ditentukan dari Router atasnya.Lalu centang pada Allow Remote Request.Lalu Apply dan OK.

7.Setelah itu kita setting Firewall nya.Klik Ip dan pilih Firewall.Pada Tab General yang menu chain kita pilih srcnat atau source nat yang artinya sumber.Pada out interface kita pikih ether 1 karena sumber internet nya ada pada ether 1.  

 8.Pada Tab Action kita pilih masquerade.Lalu Apply dan OK

9.Setelah itu kita setting Ip pada Laptop kita. Klik Add untuk menambahkan.

10.Pada Device kita pilih MAC Address nya

11.Lalu kita setting IPv4 nya.Kita isi Address,Netmask,dan Gateway nya seperti dibawah ini.Lalu kik Add dan Save.

12.Lalu kita coba Ping ke internet.Kalau berhasil tampilannya seperti dibawah ini.
Disini kita sudah bisa mengakses internet dan sudah berhasil.

F.Hasil yang Didapatkan
ALhamdulillah setelah membaca tutorial ini kita dapat lebih mudah dalam mengkonfigurasikannya.

G.Temuan Masalah
ALhamdulillah tidak ada masalah yang ditemukan.

Referensi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages