Configure Telnet and SSH on PacketTracer


A.Pendahuluan
           
                Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan suatu Konfigurasi mengenai Telnet dan SSH kepada teman-teman semua.Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Hasil gambar untuk gambar telnet dan ssh

        1.Pengertian
 Telnet
Telnet kepanjangan dari Telecommunications network protocol. Telnet adalah salah satu dari aplikasi internet yang paling tua. Telnet memungkinkan kita untuk menghubungkan “terminal” kita dengan host remote yang berada di luar jaringan. 
 
Secure Shell (SSH)
Secure Shell (ssh) adalah suatu protokol yang memfasilitasi sistem komunikasi yang aman diantara dua sistem yang menggunakan arsitektur client/server, serta memungkinkan seorang user untuk login ke server secara remote.
 
        2.Latar Belakang
Apabila kita ingin mensetting device yang akan kita setting akan kesulitan bagi kita apabila kita berpindah dari device satu ke device yang lain.Maka dari itu Telnet dan SSH ini berfungsi untuk meremote device-device yang ingin kita setting dari jarak jauh dan hanya dengan 1 PC kita sudah bisa meremote semua device yang sudah kita setting dengan Telnet dan SSH.

       3.Maksud dan Tujuan
Untuk meremote suatu device menggunakan Telnet dan SSH.

       4.Hasil yang Diharapkan
Dapat memahami maksud dari Konfigurasi ini dan bisa dalam melakukan Konfigurasinya.

B.Alat dan Bahan
    1.PC/Laptop
    2.PacketTracer download disini

C.Jangka Waktu
    -10 menit

D.Tahap Pelaksanaan

1. Telnet
Telnet kepanjangan dari Telecommunications network protocol. Telnet adalah salah satu dari aplikasi internet yang paling tua. Telnet memungkinkan kita untuk menghubungkan “terminal” kita dengan host remote yang berada di luar jaringan. Pada masa ARPANET sebelum workstation grafis atau personal komputer ditemukan, setiap orang menggunakan terminal yang terhubung dengan mainframe atau minicomputer melalui koneksi serial (gambar xx.x). Setiap terminal memiliki keyboard sebagai masukan dan monitor untuk keluaran, tanpa memiliki CPU sendiri, semua proses dijalankan dimainframe atau minicomputer.
Pada saat sekarang terminal riil seperti di atas sangat jarang, hanya ada terutama sebagai terminal emulator seperti hyperterminal pada windows (hyperterminal windows digunakan untuk mengkonfigurasi router/switch cisco).
Telnet biasanya digunakan untuk “remote login” dari PC ke PC lain dalan jaringan.Remote login semacam ini memungkinkan anda untuk menggunakan aplikasi yang berada dalam sistem remote. Remote login semacam ini hanya menyediakan koneksitext only, biasanya dalam bentuk command line prompt, seakan-akan anda duduk di terminal yang terhubung pada mesin remote.
Telnet adalah aplikasi client/serverClient mengambil karakter yang dimasukkan darikeyboard, mengirimkannya ke server dan mencetak output yang dikirim oleh server.Server melakukan lebih banyak tugas, melewatkan karakter input dari client, menginterpretasikannya sebagai perintah, membaca output dan mengirim balik ke clientuntuk dicetak ke layar.
 
2. Secure Shell (SSH)
Secure Shell (ssh) adalah suatu protokol yang memfasilitasi sistem komunikasi yang aman diantara dua sistem yang menggunakan arsitektur client/server, serta memungkinkan seorang user untuk login ke server secara remote. Berbeda dengan telnet dan ftp yang menggunakan plain text, SSH meng-enkripsi data selama proses komunikasi sehingga menyulitkan penyusup/intruder yang mencoba mendapatkanpassword yang tidak dienkripsi. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. Bentuk akses remote yang bisa diperoleh adalah akses pada mode teks maupun mode grafis/X apabila konfigurasinya mengijinkan.
SSH dirancang untuk menggantikan service-service di sistem unix/linux yang menggunakan sistem plain-text seperti telnet, ftp, rlogin, rsh, rcp, dll). Untuk menggantikan fungsi ftp dapat digunakan sftp (secure ftp), sedangkan untuk menggantikan rcp (remote copy) dapat digunakan scp (secure copy).
Dengan SSH, semua percakapan antara server dan klien di-enkripsi. Artinya, apabila percakapan tersebut disadap, penyadap tidak mungkin memahami isinya. Bayangkan seandainya Anda sedang melakukan maintenance server dari jauh, tentunya dengan account yang punya hak khusus, tanpa setahu Anda, account dan password tersebut disadap orang lain, kemudian server Anda dirusak setelahnya.
Implementasi SSH yang banyak dipakai saat ini adalah OpenSSH, aplikasi ini telah dimasukkan kedalam berbagai macam distribusi linux.  Redhat Linux versi 9 sudah menyediakan program tersebut dalam format RPM.
 
Fitur-fitur SSH
Protokol SSH menyediakan layanan sbb.:
  • Pada saat awal terjadinya koneksi, client melakukan pengecekan apakah host yang dihubungi sudah terdaftar pada client atau tidak.
  • Client mengirimkan proses autentifikasi ke server menggunakan teknik enkrisp 128 bit.
  • Semua data yang dikirimkan dan diterima menggunakan teknik enkripsi 128 bit sehingga sangat sulit dibaca tanpa mengetahui kode enkripsinya.
  • Client dapat memforward aplikasi Xwindows / X11 ke server, layanan ini dibuat
Langsung saja kita ketahap Konfigurasinya.



 
 ROUTER

Router>enable 
Router#configure terminal 
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Router(config)#hostname RT-Fauzi
RT-Fauzi(config)#line console 0
RT-Fauzi(config-line)#password fauzi>
RT-Fauzi(config-line)#login
RT-Fauzi(config-line)#exit
RT-Fauzi(config)#enable password fauzi#
RT-Fauzi(config)#service password-encryption 
RT-Fauzi(config)#int gig0/0
RT-Fauzi(config-if)#ip add 192.168.10.1 255.255.255.252
RT-Fauzi(config-if)#no shutdown 

%LINK-5-CHANGED: Interface GigabitEthernet0/0, changed state to up

%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface GigabitEthernet0/0, changed state to up

RT-Fauzi(config-if)#exit
RT-Fauzi(config)#line vty 0 4
RT-Fauzi(config-line)#login local
RT-Fauzi(config-line)#exit
RT-Fauzi(config)#username fauzi password cisco
RT-Fauzi(config)#ip domain-name cisco.com
RT-Fauzi(config)#crypto key generate rsa 

The name for the keys will be: RT-Fauzi.cisco.com
Choose the size of the key modulus in the range of 360 to 2048 for your
  General Purpose Keys. Choosing a key modulus greater than 512 may take
  a few minutes.

How many bits in the modulus [512]: 1024
% Generating 1024 bit RSA keys, keys will be non-exportable...[OK]

*Mar 1 0:2:22.45:  %SSH-5-ENABLED: SSH 1.99 has been enabled 
RT-Fauzi(config)#ip ssh version 2
RT-Fauzi(config)#line vty 0 4
RT-Fauzi(config-line)#transport input all 
RT-Fauzi(config-line)#exit
 
Setelah kita selesai Konfigurasi pada Routernya selanjutkan kita coba hasil Konfigurasi kita pada PC dengan membuka Command Prompt.
 

Nah,kita sudah berhasil melakukan Konfigurasi Telnet dan SSH,kita sudah bisa meremote device yang sudah kita Konfigurasi.Kita juga bisa menambahkan device-device yang lain jika perlu.Cukup dengan 1 PC kita sudah bisa meremote semua device yang sudah kita Konfigurasi Telnet dan SSH.Apabila kalian masih ada yang gagal coba periksa kembali Konfigurasi kalian!Mungkin kalian lelah:) .

Sekian dari saya Wasalammu'alaikum Wr,Wb.

E.Hasil yang Didapatkan
Dapat memahami maksuda dari Konfigurasi Telnet dan SSH dan bisa dalam melakukan Konfigurasinya.

F.Temuan Masalah
-

Kesimpulan
Telnet dan SSH ini sangat berguna bagi kita karena dengan ini kita dapat lebih efisien dalam mengkonfigurasi suatu device dengan cara meremotenya menggunakan Telnet dan SSH ini.

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages