Configure and Verify NTP in PacketTracer


A.Pendahuluan
       Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Konfigurasi NTP pada PacketTracer kepada teman-teman semua.Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

       1.Pengertian
NTP merupakan singkatan dari Network Time Protokol.Jaringan NTP menggunakan sistem hirarki sumber waktu.Setiap tingkat dalam sistem hirarkis ini disebut strata.Tingkat stratum didefinisikan sebagai jumlah hop yang dihitung dari sumber otoritatif.Waktu yang tersinkronisasi didistribusikan ke seluruh jaringan menggunakan NTP.Angka tersebut menampilkan contoh NTP.

       2.Latar Belakang
Kita gunakan NTP Server untuk mensinkronkan waktu.Apabila waktu tidak sinkron akan mengakibatkan kesalahan waktu ketika melakukan pengiriman ke tujuan.Maka dari itu NTP lah yang akan membuat waktu menjadi sinkron.

      3.Maksud dan Tujuan
Untuk mensinkronkan waktu

     4.Hasil yang Diharapkan
Dapat memahami maksud dari konfigurasi ini.

B.Alat dan Bahan
    1.PC/Laptop
    2.PacketTracer download disini

C.Jangka Waktu
Lebih kurang 5 menit dalam konfigurasinya.

D.Tahap Pelaksanaan

 NTP merupakan singkatan dari Network Time Protokol.Jaringan NTP menggunakan sistem hirarki sumber waktu.Setiap tingkat dalam sistem hirarkis ini disebut strata.Tingkat stratum didefinisikan sebagai jumlah hop yang dihitung dari sumber otoritatif.Waktu yang tersinkronisasi didistribusikan ke seluruh jaringan menggunakan NTP.Angka tersebut menampilkan contoh NT

Langsung saja kita ketahap konfigurasinya.

Download konfigurasinya disini!


Packet Tracer - Mengkonfigurasi dan Verifikasi NTPMeja pengalamatan

TujuanDalam aktivitas ini, Anda akan mengkonfigurasi NTP pada R1 dan R2 untuk memungkinkan sinkronisasi waktu.Latar Belakang / SkenarioNetwork Time Protocol (NTP) mensinkronisasi waktu antara satu set server dan klien terdistribusi. Meskipun ada sejumlah aplikasi yang memerlukan waktu yang disinkronkan, lab ini akan berfokus pada mengkorelasikan kejadian yang tercantum dalam log sistem dan kejadian spesifik waktu lainnya dari beberapa perangkat jaringan. NTP menggunakan User Datagram Protocol (UDP) sebagai protokol transportnya. Semua komunikasi NTP menggunakan Coordinated Universal Time (UTC).Server NTP biasanya menerima waktunya dari sumber waktu yang berwibawa, seperti jam atom yang terpasang pada server waktu. Kemudian, distribusi kali ini melintasi jaringan. NTP sangat efisien; tidak lebih dari satu paket per menit diperlukan untuk menyinkronkan dua mesin hingga satu milidetik satu sama lain.Langkah 1: Server NTPSebuah. Server N1 sudah dikonfigurasi sebagai Server NTP untuk topologi ini. Verifikasi konfigurasinya di bawah Layanan> NTP.b. Dari R1, ping N1 (209.165.200.225) untuk memverifikasi konektivitas. Ping harus berhasilc. Ulangi ping ke N1 dari R2 untuk memverifikasi konektivitas ke N1.Langkah 2: Mengkonfigurasi Klien NTPPerangkat Cisco dapat dikonfigurasi untuk merujuk ke server NTP untuk menyinkronkan jam mereka. Hal ini penting untuk menjaga waktu tetap konsisten di antara semua perangkat. Konfigurasi R1 dan R2 sebagai klien NTP sehingga jam mereka disinkronkan. Baik R1 dan R2 akan menggunakan server N1 sebagai server NTP mereka. Untuk mengkonfigurasi R1 dan R2 sebagai klien NTP, jalankan perintah di bawah ini:Sebuah. Gunakan perintah server ntp untuk menentukan server NTP, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:




 

R2 >enable

R1 # configure terminalR1 (config) # ntp server 209.165.200.225


R2 >enable
R2 # configure terminalR2 (config) # ntp server 209.165.200.225b. Periksa jam di R1 dan R2 lagi untuk memverifikasi bahwa mereka disinkronisasi:R1 # show clock* 12:02:18: 619 UTC Mon 9 Oct 2017
 
R2 # show clock* 12: 02: 20: 422 UTC
Mon 9 Oct 2017 
 Catatan: Saat mengerjakan router fisik, biarkan beberapa menit sebelum jam R1 dan R2 disinkronkan.Apakah jam disinkronisasi?
Nah kita sudah selesai dalam melakukan konfigurasi NTP.Sudah paham kan setelah membaca materi mengenai NTP ini.
E.Hasil yang Diharapkan
Dapat memahami maksud dari konfigurasi NTP ini.
F.Temuan Masalah
-
Kesimpulan
NTP(Network TIme Protokol) sangat berguna karena tanpa NTP waktu tidak akan menjadi sinkron.Apabila waktu tidak sinkron maka akan terjadi kesalahan waktu ketika kita mengirim pesan ketujuan.Maka dari itu NTP berfungsi untuk menyinkronkan waktu agar tidak terjadi kesalah waktu ketika kita melakukan pengiriman pesan ketujuan.
  
Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages