Cara Mengatasi PhpMyAdmin Not Found pada Web Server


Hasil gambar untuk gambar phpmyadmin
A.Pendahuluan
       Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan sharing Cara Mengatasi PhpMyAdmin Not Found pada Web Server.Semoga dapat bermanfaat.

         1.Pengertian
PhpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perizinan (permissions), dan lain-lain).

        2.Latar Belakang
Terjadi error atau kesalahan pada saat akan membuka phpmyadmin pada browser, biasanya terjadi karena phpmyadmin belum terpasang atau belum terkoneksi dengan web server.

        3.Maksud dan Tujuan
Mengatasi masalah PHPmyadmin yang error Not Found tidak bisa terbuka .

B.Alat dan Bahan
     1.PC/Laptop
     2.Koneksi Internet
     3.PhpMyAdmin yang Error

C.Jangka Waktu
     3 menit

D.Tahap Pelaksanaan

Pertama tama pastikan dahulu bahwa web server anda telah hidup atau telah berjalan. Selanjutnya, coba ketikkan di url : http://localhost/phpmyadmin .


Nah, seperti gambar di atas bahwa saat anda ingin membuka phpmyadmin, malah terjadi error Not Found . Untuk mengatasinya ikuti langkah selanjutnya.

Ketikkan perintah 
#apt-get install phpmyadmin -y


Nah, jika sudah ketikkan
#ln -s /usr/share/phpmmyadmin /var/www/html/phpmyadmin


Perintah diatas digunakan untuk membuat symbolic link dari /usr/share/phpmyadmin agar bisa dibuka di directory /var/www/html/phpmyadmin .

Sekarang, coba cek kembali phpmyadmin anda di alamat http://localhost/phpmyadmin


Nah kita sudah berhasil mengatasi PhpMyAdmin Not Found.Sekian dari saya dan terima kasih.

E.Kesimpulan
Hasil dari artikel diatas yaitu, permasalahn phpmyadmin berhasil diatasi dan phpmyadmin kembali normal yaitu dapat dibuka seperti biasa :) .
  
Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages