Configuration Static NAT



A.Pendahuluan
     Assalammu'alaikum Wr,Wb teman teman.Kali ini saya akan memberikan materi Configuration Static NAT kepada teman-teman semua.Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

    1.Pengertian
NAT (Network Address Translation) adalah sebuah proses pemetaan alamat IP dimana perangkat jaringan komputer akan memberikan alamat IP public ke perangkat jaringan local sehingga banyak IP private yang dapat mengakses IP public.


    2.Latar Belakang
NAT (Network Address Translation) pada jaringan komputer berfungsi sebagai translasi alamat IP public ke alamat IP private atau sebaliknya sehingga dengan adanya NAT ini setiap komputer pada jaringan LAN dapat mengakses internet dengan mudah.

Kita tahu bahwa alamat IP Public didunia ini sudah semakin menipis sehingga penggunaan dari NAT ini dirasa sangatlah efisien dan efektif terutama dalam alokasi alamat IP.

   3.Maksud dan Tujuan
Untuk mempermudah teman-teman dalam melakukan Konfigurasi Static NAT.

   4.Hasil yang Diharapkan
Berhasil dan dapat memahami dalam melakukan Konfigurasi Static NAT.

B.Alat dan Bahan
     1.PC/Laptop
     2.PacketTracer download disini

C.Jangka Waktu 
Lebih kurang 10 menit dalam konfigurasinya.

D.Tahap Pelaksanaan

     NAT (Network Address Translation) adalah sebuah proses pemetaan alamat IP dimana perangkat jaringan komputer akan memberikan alamat IP public ke perangkat jaringan local sehingga banyak IP private yang dapat mengakses IP public.

Dengan kata lain NAT akan mentranslasikan alamat IP sehingga IP address pada jaringan local dapat mengakses IP public pada jaringan WAN. NAT mentranslasikan alamat IP private untuk dapat mengakses alamat host di internet dengan menggunakan alamat IP public pada jaringan tersebut. Tanpa hal tersebut (NAT) tidak mungkin IP private pada jaringan local bisa mengakses internet. IP  local  digunakan  hanya  untuk  jaringan  local  saja  ,  sedangkan  IP Public digunakan secara umum,IP Public inilah yang digunakan untuk berkomunikasi di dunia internet karena dapat diakses dari mana pun.

Langsung saja kita ketahap Konfigurasinya.

Download Configuration in here!


 

Sebelumnya kita susun dulu Topologinya seperti gambar diatas.

Router 1

R1>enable
R1#configure terminal
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
R1(config)#ip nat inside source static 172.16.16.1 64.100.50.1
R1(config)#int gig0/0
R1(config-if)#ip nat inside
R1(config-if)#exit
R1(config)#int se0/0/0
R1(config-if)#ip nat outside
R1(config-if)#exit
R1(config)#ip routing

Setelah itu kita coba akses Web Servernya dari salah satu PC yang terhubung.



Nah ,kita sudah berhasil dalam melakukan Konfigurasi.Apabila teman-teman ada yang gagal harp periksa kembali Konfigurasinya.Mungkin kalian lelah:).

E.Hasil yang Didapatkan
 Berhasil dan dapat memahami Konfigurasi Static NAT ini.

F.Temuan Masalah
-

Referensi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages