How to Setting VPN on Mikrotik


                                             Hasil gambar untuk gambar vpn  
A.Pendahuluan
       Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan meberikan sebuha Tutorial Cara setting VPN pada Mikrotik kepada teman-teman semua.Semoga dapat bermanfaat.

         1.Pengertian

VPN adalah sebuah jaringan komputer dimana koneksi antar perangkatnya (node) memanfaatkan jaringan public sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi internet di masing-masing site.
Ketika mengimplementasikan VPN, interkoneksi antar node akan memiliki jalur virtual khusus di atas jaringan public yang sifatnya independen. Metode ini biasanya digunakan untuk membuat komunikasi yang bersifat secure, seperti system ticketing online dengan database server terpusat.

Point to Point Tunnel Protocol (PPTP) Salah satu service yang biasa digunakan untuk membangun sebuah jaringan VPN adalah Point to Point Tunnel Protocol (PPTP). Sebuah koneksi PPTP terdiri dari Server dan Client.
Mikrotik RouterOS bisa difungsikan baik sebagai server maupun client atau bahkan diaktifkan keduanya bersama dalam satu mesin yang sama. Feature ini sudah termasuk dalam package PPP sehingga anda perlu cek di menu system package apakah paket tersebut sudah ada di router atau belum. Fungsi PPTP Client juga sudah ada di hampir semua OS, sehingga kita bisa menggunakan Laptop/PC sebagai PPTP Client.

Biasanya PPTP ini digunakan untuk jaringan yang sudah melewati multihop router (Routed Network). Jika anda ingin menggunakan PPTP pastikan di Router anda tidak ada rule yang melakukan blocking terhadap protocol TCP 1723 dan IP Protocol 47/GRE karena service PPTP menggunakan protocol tersebut.



          2.Latar Belakang
Jaringan sering dianggap adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung. Tetapi ternyata dari pengertian tersebut sedikit perlu perbaikan karena komputer yang saling terhubung tersebut tidaklah harus berkumpul, melainkan saling berjauhanpun masih dapat terhubung. Bahkan dapat terhubung kejaringan melewati jaringan yang lain. Oleh karena itu kita menggunakan VPN yang dapat menghubungkan komputer yang jaraknya jauh

           3.Maksud dan Tujuan
kita dapat menghubungkan jaringan dengan cara melewati jaringan yang lain untuk mengamankan jalur yang akan digunakan, karena menggunakan jalur private yang sengaja dibuat.


B.Alat dan Bahan
        1.PC/Laptop
        2.Jaringan
        3.Mikrotik

C.Jangka Waktu
       3 menit

D.Tahap Pelaksanaan

 Klik Menu PPP
>Lalu pada Menu PPTP Server,centang pada bagian Enable.Default profilenya ganti dengan default-encryption.Lalu pada bagian kotak merah yang bawah centang semuanya.Setelah selesai Apply dan Ok



Selanjutnya,pada Menu Interface 
    >Klik Add dan pilih PPTP Server Binding

 Buat nama User sesuai dengan yang kamu inginkan.Kalau sudah Apply dan Ok.


Lalu Klik lagi pada Menu Interface
   >Klik PPTP Client


 Klik pada bagian Dial Out
    > Connect To (isikan Ip PPoE server kalian)
    >Isikan juga User dan Passwordnya 
    >Profilenya default-encryption dan pastikan pada bagian kotak merah yang dibawah sudah dicentang semua



Jika sudah klik Menu Secret
      >Isikan Nama dan Password yang sudah dibuat tadi.
      >Profilenya default-encryption
      >Isikan Local Address dan Remote Address nya sesuai keinginan anda.
Jika sudah selesai Klik Apply dan Ok .
 




Lalu kita setting pada PC kita.Disini saya menggunakan OS Linux.Pada Linux Klik Add.

Dan pilih yang PPTP dan klik Create


Gatewaynya sesuaikan dengan Connect To yang ada di Mikrotik tadi
Username dan Passwordnya juga isikan dengan yang sudah disetting tadi
Nb:Sebelum mengisikan Password klik terlebih dahulu kotak yang berwarna biru dan pilih "Store the password only for this user"
Setelah itu Save

Kalau ada tampilan seperti dibawah ini berarti kita sudah berhasil Setting VPN.


Nah kita sudah berhasil setting VPN.Sekian dari saya dana terima kasih.





E.Kesimpulan
kita dapat terhubung ke Jaringan VPN yang telah kita buat melalui jaringan lain. Bukan hanya terhubung melainkan juga dapat meremote Mikrotik kita. Dan kita dapat mengamankan jalur dalam suatu jaringan kita dapat menggunakan VPN, VPN bersifat secure atau aman dalam mencari jalur private.

Referensi
mikrotik.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages