Mikrotik Packages and Features


Gambar terkait
A.Pendahuluan
       Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman.Kali ini saya akan sharing mengenai Mikrotik Packages and Feartures kepada teman-teman sekalian.Semoga dapat bermanfaat.

         1.Pengertian
MikroTik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins.

         2.Latar Belakang
Dengan seiring perkembangan zaman tentu juga ada perubahan dan perkembangan dalam teknologi pun juga ikut berkembang.Kita juga harus mengupgrade perangkat kita agar fitur-fitur nya juga menjadi lebih bagus dan lebih lengkap.

       3.Maksud dan Tujuan
Untuk memperbarui fitur-fitur yang ada.

B.Alat dan Bahan

     1.PC/Laptop
     2.Koneksi Internet
     3.Mikrotik

C.Jangka Waktu
     15 menit

D.Tahap Pelaksanaan


Versi Mikrotik
Selain license, fitur juga ditentukan oleh versi mikrotik yang diinstall. Pada routerOS fitur yang dimiliki dan disupport, bisa dilihat pada paket apa saja yang diinstall.

Masuk ke menu System > Package



Dapat di identifikasi bahwa versi yang digunakan adalah 6.26 dan mempunyai banyak fitur karena paket yang diinstall tersebut.

Package & Features

Berikut adalah table fitur dalam setiap paket yang disediakan
oleh Mikrotik



Paket dan fitur yang cukup banyak tentunya bisa memakan resource CPU jika semua diaktifkan dan penggunaan tidak sesuai dilapangan. Pada intinya gunakan fitur sesuai dengan kebutuhan dilapangan saja.

Upgrade/Downgrade Paket

- Upgrade diperlukan jika ingin memperbaiki fitur dan bug, sedangkan downgrade dilakukan apabila hardware kurang support terhadap versi baru atau bahkan bug pada versi latest.

- Upgrade paket harus memperhatikan aturan level dan lisensi yang berlaku,kompabilitas terhadap jenis arsitektur hardware.Silahkan bisa dicrosscheck di http://mikrotik.com/download.html

Langkah Kerja
Manual Upgrade
- Cek versi mikrotik, bisa dicek ketika masuk winbox pada bagian taskbar. Dan upgrade lah RB ke versi yang terbaru.Misalkan disini saya menggunakan MikroTik RB 941-2ND (hAP-Lite). Paket terbaru bisa di cek disitus resmi mikrotik.

- Pilih sesuai dengan series dari RB anda. Download dan simpan di Laptop.


Misalkan disini saya memilih current, yang lebih stabil dan terbaru. Terdapat 2 package yakni main (Untuk mensupport extra packages) dan extra (berisi paket seperti hotspot,dhcp, routing, dsb), download keduanya.
- Ekstrak extra package terlebih dahulu


- Upload kedalam file list Mikrotik melalui winbox atau filezilla (ftp) dengan cara drag & drop. Tips, lebih baik login menggunakan IP Address, karena jika menggunakan MAC Address kurang stabil koneksinya.


- Kemudian reboot RB dengan langkah system > reboot
- Setelah router kembali ON, maka defaultnya di neighbors versi mikrotik akan terbaca


- Cek kembali pada system > package, apakah paket paket yang baru berhasil diinstall. Apabila belum cek error message di menu Log.


Upgrade Otomatis (RB must have Internet Access)
- Masuk ke menu package > Check for Updates


Pilih versi Upgrade seperti bug fix only, current, dan sebagainya (sama dengan ketika upgrade manual). Perbedaannya adalah kita tidak bisa mengcustom versi paketyang kita inginkan (yang ada hanya yang terbaru). Jika ingin downgrade otomatis, maka akan kembali ke versi sebelumnya. Pilih download (download saja) atau download & install (selesai download langsung melakukan installasi).


Enable/Disable Paket
Fitur ini Dibutuhkan jika terdapat paket yang belum terpakai (dapat mengurangi penggunaan resource) maupun akan dipakai.Misalkan IPv6, caranya masuk ke menu System > Packet > pilih paket > Disable / Uninstall.



Maka akan diberi keterangan Scheduled for disable atau uninstall. Langkah terakhir adalah resestart router agar perubahan yang di jadwalkan untuk disable atau uninstall berhasil.

E.Kesimpulan
Jadi apabila kita ingin mengupgrade sesuaikan dengan Mikrotik kita,gak semua Mikrotik yang support dengan Feature yang baru.

Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages