Introduce Proxmox

Hasil gambar untuk gambar proxmox
A.Pendahuluan
     Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan sharing mengenai Introduce Proxmox kepada teman-teman semua.Semoga dapat bermanfaat.

       1.Pengertian

Proxmox VE (Virtual Environment) adalah salah satu distro Linux dari basis Debian yang mempunyai fungsi khusus sebagai virtualisasi baik appliance maupun operating system. Proxmox berjalan dengan mode text, walaupun seperti itu Proxmox akan lebih mudah dikonfigurasi melalui akses remote dengan web based.

      2.Latar Belakang

Ketika kita ingin membuat server,kita akan membutuhkan fisik server.Jika kita ingin membuat satu buah server lagi kita pasti juga membutuhkan fisik server lagi.Berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan dengan ini.Dengan Virtulisasi Proxmox ini kita dapat menginstall beberapa VM tanpa harus membeli fisik servernya.Dengan ini kita dapat lebih menghemat biaya.

     3.Maksud dan Tujuan

 Untuk mempermudah kita dalam membuat sebuah layanan/server.

B.Alat dan Bahan

    1.PC/Laptop
    2.Koneksi Internet

C.Jangka Waktu

    20 menit

D.Pembahasan


 Pengenalan Proxmox

Proxmox VE (Virtual Environment) adalah salah satu distro Linux dari basis Debian yang mempunyai fungsi khusus sebagai virtualisasi baik appliance maupun operating system. Proxmox berjalan dengan mode text, walaupun seperti itu Proxmox akan lebih mudah dikonfigurasi melalui akses remote dengan web based. Untuk sekarang Proxmox dengan release terbaru adala Proxmox VE 2.3 Proxmox support beberapa jenis platform virtualisasi seperti KVM dan OpenVZ. Dengan berbasis distro Debian Stable dan menggunkan kernel khusus untuk virtualisasi menjadikan Proxmox VE sebuah Bare Metal Virtualtation Platform yang power full. Bare Metal adalah sistem komputer dimana mesin virtual dipasang langsung pada komputer dala sistem operasi tanpa diinstall terlebih dahulu aplikasi tertentu. Istilah Bare Metal mengacu pada hardisk


 Kelebihan Proxmox Proxmox ini memiliki banyak kelebihan, antara lain : 

a) Open source, sehingga free untuk digunakan oleh siapapun. 
b) Mudah dalam instalasi dan konfigurasi. 
c) Mendukung platform virtualisasi berbasis KVM dan OpenVZ. 
d) Mendukung berbagai format hardisk virtual. 
e) Minimalis dan power full dalam pemakaian memory karena hanya butuh sedikit memory untuk menjalankan virtual server. 
f) Mendukung auto backup sesuai schedule yang ditentukan baik ke internal storage maupun external storage. 
g) Dapat digunakan untuk Cluster dan High Avaliablity Server. 
h) Mendukung banyak model storage : LVM, iSCSI, Local Directory maupun NFS. 
i) Sudah mendukung Live Migration. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai Proxmox antara lain :


a) Proxmox hanya disediakan untuk mesin 64 bit sehingga tidak akan bisa berjalan pada mesin 32 bit. b) Pada saat instalasi, Proxmox akan menghapus seluruh isi dari hardisk. Sehingga jika hanya ingin melakukan percobaan gunakan hardisk yang kosong atau gunakan mesin virtual juga. 

c) Jika ingin menggunakan KVM, Proxmox membutuhkan motherboard/CPU yang mendukung teknologi virtualisasi yaitu intel VT/AMD-V

Kebutuhan Hardware 


Untuk Proxmox Kebutuhan spesifikasi server pada dasarnya tergantung pada virtual server yang akan digunakan. Semakin tinggi spesifikasi yang akan dijalankan maka semakin tinggi juga kebutuhan hardware yang harus tersedia (mesin induk). Meski demikian, asumsi ini tidak 100% benar karena ada beberapa teknologi virtualisasi seperti OpenVZ yang mampu melakukan pembagian resource sehingga apabila jika mesin virtual ada 3 yang masing membutuhkan 1 GB memory tidak berarti server (mesin induk) harus memiliki kapasitas memory 3 x 1 GB. 


Spesifikasi minimal pada server induk yang harus terpenuhi agar virtual server dapat berjalan adalah : a) Processor Pentium 4, dan harus memiliki kemampuan 64 bit. 

b) Jika akan menggunakan model full virtualization CPU harus memiliki model motherboard intel VT (Virtualtation Technology) atau AMD-V. 
c) Memory RAM minimal 1 GB. 
d) Kapasitas hardisk minimal 20 GB. 
e) NIC (Network Interface Card


Fitur yang ditawarkan oleh Proxmox VE adalah sebagai berikut:
  • High performance and scalability
  • Full Virtualization – KVM
  • OS Virtualization – OpenVZ
  • Live Migration
  • Open Source
  • High Availability Cluster
  • RESTful web API
  • Proxmox Cluster file system
  • Rich web app for Management
  • Backup and Restore
  • Role-based Administration
  • Multiple Authentication sources
  • Network Model
  • Storage Model

Untuk urusan mengatur mesin-mesin vertual dan cluster, Proxmox menyediakan sebuah kontrol panel berbasis web, dari kontrol panel ini anda bisa melakukan semua pekerjaan yang dibutuhkan untuk mengatur mesin virtual anda.
Proxmox berbasis debian etch x86_64, oleh karenanya Proxmox hanya bisa diinstall pada mesin berbasis 64 bit, Proxmox tidak akan bisa diinstall pada mesin berbasis i386. Untuk menggunakan KVM pada proxmox anda juga harus memastikan prosesor yang anda gunakan support fitur virtualisasi pada hardware (hardware virtualization) baik intel VT atau AMD-V, berbeda dengan KVM, jika anda menggunakan OpenVZ anda tidak membutuhkan hardware virtualization ini.
Proxmox bukanlah satu-satunya platform yang bisa anda gunakan untuk membangun virtualisai dan cloud computing, masih ada beberapa platform lain, namun dari tabel berikut ini bisa anda jadikan rujukan untuk membandingkan proxmox dengan platform lainnya.
Komparasi Proxmox dengan Platform lainnya (sumber)
Proxmox VEVMware vSphereWindows Hyper-VCitrix Xen Server
Guest operating system supportWindows and Linux (KVM)Other operating systems
are known to work and are
community supported(OpenVZ supports Linux only)
Windows, Linux, UNIXModern Windows OS, Linux support is limitedMost Windows OS, Linux support is limited
Open SourceYesNoNoNo
OpenVZ container
(known as OS Virtualization)
YesNoNoNo
Single-view for Mangagement (centralized control)YesYes, but requires dedicated management server (or VM)??
Simple Licensing StructureOnly one subscription pricing, all features enabledNoNoNo
High AvailabilityYesYesRequires Microsoft Failover
clustering, limited guest OS
support
Yes
Live VM snapshots:
Backup a running VM
YesYesLimitedYes
Bare metal hypervisorYesYesNoYes
Virtual machine live migrationYesYesYesYes
Max. RAM and CPU per Host160 CPU/2 TB RAM160 CPU/2 TB RAM??

Tulisan pertama saya kali ini hanya membahas pengetahuan awal yang dibutuh untuk mendalami Proxmox.Pada tulisan berikutnya kita akan melakukan Instalasi Proxmox,kemudian dilanjutkan bagaimana membuat mesin Virtual berbasis KVM dan OpenVZ untuk pertama kalinya.
E.Kesimpulan
Proxmox VE (Virtual Environment) adalah salah satu distro Linux dari basis Debian yang mempunyai fungsi khusus sebagai virtualisasi baik appliance maupun operating system.
Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages