Tutorial Bypass Client Pada Hotspot MIkrotik



Hasil gambar untuk gambar mikrotik


A.Pendahuluan
         Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Tutorial Bypass Client Pada Hotspot Mikrotik.Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

               1. Pengertian
    bypass menurut saya adalah pc atau host yang diistimewakan karena mereka tidak harus login terlebih dahulu di mikrotik jika ingin terhubung ke internet.
Bypass Port Mikrotik, sebuah fitur hardware Mikrotik yang mungkin jarang digunakan. Fitur ini disematkan pada beberapa produk hardware Mikrotik untuk digunakan saat kondisi darurat. Pada dasarnya, fungsi dari Bypass Port ini adalah agar traffic tetap dapat lewat pada saat software atau hardware tidak dapat bekerja, bahkan pada saat mati (power off).
   Bagi provider, ketersediaan layanan jaringan adalah hal yang sangat penting. Customer berharap layanan tersebut akan selalu tersedia atau dengan kata lain SLA 100%. Akan tetapi dari sisi penyedia terkadang kendala teknis menjadikan hal tersebut tidak dapat diberikan secara sempurna. Misalnya pada saat Router tiba-tiba hang, tidak bisa booting atau bahkan mati. Pada saat seperti ini, salah satu yang biasanya dilakukan adalah mem-bypass traffic client, tujuannya agar client tetap dapat akses internet.
   Untuk provider dengan skala yang masih kecil, terkadang tidak mempunyai perangkat pengganti yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Dalam kondisi inilah bypass port Mikrotik dibutuhkan.

                2.Latar Belakang
     biasanya system bypass ini di gunakan di sekolahan.dimana guru tidak harus login terlebih dahulu di mikrotik untuk terhubung ke internet sedangkan para pelajar harus login terlebih dahulu

              3.Tujuan
     agar kita bisa bisa terhubung ke internet tanpa harus login terlebih dahulu

B. Alat dan bahan
    1.PC/Laptop
     2.Mikrotik
     3.Kabel UTP
     4.Winbox
     

C.Waktu dan pelaksanaan     1 menit

D.Tahap Pelaksanaan


1.Masuk ke Winbox


2.Ke menu ip ->hotspot->user->general  beri name(terserah anda) beri password->apply->ok

3.Masih dimenu hotspot->hosts->make binding

->type(bypassed)->apply->ok


4.Ini juga masih di menu hotspot sekarang ke ip bindings (ganti type) nya menjadi bypass juga

5.Lalu coba dengan pc atau host anda untuk membuka browser jika terhubung ke internet tanpa login berarti bypass nya berhasil

E.Kesimpulan
     Kita dapat mengatur dengan mikrotik host yang harus login dan host yang tidak harus login

Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages